2 Periode Penyelenggaraan untuk PPK ,PPS dan KPPS

www.kpud-bondowosokab.go.id, Bondowoso- Jum’at (15/9) Lilik Ernawati,S.Pi anggota Komisi Pemilihan Umum Kab.Bondowoso  yang membidangi Divisi SDM dan Partipasipasi Masyrakat  dan Saparullah Staf Teknis Penyelenggara Pemilu dan Hubmas, jam 10.00 WIB melakukan sosialisasi berupa dialog interaktif di Radio Mahardika FM 91,9 FM.

Dialog interaktif yang dipandu siar oleh “Mbhak Dewi Karya” membahas materi tentang pembentukan  dan tata kerja badan ad-hoc pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso Tahun 2018.

“Badan Ad-hoc adalah badan yang bersifat sementara, dalam hal ini dibentuk untuk penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso Tahun 2018. Badan Ad-hoc itu sendiri terdiri dari PPK, PPS, KPPS dan P2DP dan Badan Ad-hoc tersebut menjadi kepanjangan tangan KPU Bondowoso untuk melaksanakan semua proses tahapan pemilihan”

Lebih lanjut “Mbhak Lilik” menjelaskan: PPK bertugas di wilayah kecamatan sedangkan lingkup tugas PPS di satu desa/kelurahan. Untuk Bondowoso kita memiliki 23 kecamatan dan 219 desa/kelurahan dan sekitar 1500  TPS.  Pembentukan  badan ad-hoc tersebut sesuai tahapan akan,  dilaksanakan pada bulan Oktober 2017.

“Ada perbedaan ketentuan yang mengatur masyarakat yang akan berpartisipasi sebagai badan ad-hoc, kalau pada tahun 2013 , tidak ada pembatasan  periode, namun kali ini , masyarakat hanya di perkenankan menjadi badan ad-hoc sebanyak 2 (dua) kali. Hal ini berdasarkan amanat UU 10 Tahu  2016 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2015. Sejak Tahun lalu kami sudah mensosialisasikan perubahan ini, bahkan di website kami, seluruh daftar nama PPK/PPS yang sudah pernah menjabat  kami tampilkan dengan harapan  ada alat kontrol/pengawasan dari seluruh pemangku kepentingan (PPK/PPS)”.

Pada sesi ke 2, “mbhak Dewi Karya” menyampaikan pesan dari pendengar, “Pak Rudi” yang mengharapkan dengan anggaran yang sangat besar, KPU dapat bekerja dengan masksimal dan bukan asal-asalan dan diharapkan KPU lebih intens pada sosialisasi para calon sehingga masyarakat bisa mengenal dengan baik semua calon.

menanggapi hak tersebut, anggota KPU Bondowoso yang berasal dari Desa Kembang Kecamatan Tlogosari tersebut menjelaskan bahwa sosialisasi tentang calon akan di laksanakan apabila telah sampai pada tahapannya.

“kami tidak bisa mesosialisasikan tentang calon Bupati dan wakilnya kalau belum mencapai waktu tahapannya, nanti, kalau sudah waktu tahapannya , sosialisasi tersebut sudah merupakan kewajiban dan amanah bagi kami, tetapi untuk saat ini apa yang dilakukan oleh seluruh kontestan, itu sah sah saja untuk memperkenalkan diri, tidak ada larangan untuk melakukan itu”

pada akhir dialog, Saparullah  menambakan bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Bondowoso di unggah dan disampaikan kepada masyarakat melalui website: www.kpud-bondowosokab.go.id  dan halaman facebook : KPU Bondowoso .  (Teknis-Hupmas)

Mungkin Anda Menyukai