Ayo Belajar Kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu “INTANPARI”

Karanganyar.Kpu.go.id – bertempat di Halaman Kantor KPU  Kab. karanganyar, Anggota KPU RI, Ida Budhiati meresmikan pusat pendidikan pemilih,  Rumah Pintar Pemilu Intanpari, Rabu (29/3). Pada acara peresmian ini dihadiri juga oleh Bupati Karanganyar dan jajarannya, anggota KPU Prov. Jawa Tengah, anggota KPU se Solo Raya, perwakilan partai politik, ormas serta LSM.

Nama Intanpari merupakan kependekan dari Informasi Tentang Pemilu dan Demokrasi. Diharapkan melalui Rumah Pintar Pemilu ini akan muncul generasi yang diharapkan mampu menjadi pemilih cerdas dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Dalam sambutannya Ida bercerita mengenai sejarah terbentuknya Rumah Pintar Pemilu. Menilik ke belakang, cikal bakal Rumah Pintar Pemilu (RPP) dimulai oleh anggota KPU periode 2001-2007 yakni dengan mendirikan perpustakaan dan media center yang bertujuan sebagai pusat layanan informasi tentang kepemiluan dan demokrasi. Selanjutnya KPU melakukan studi banding ke Australia (AEC) dan dipandang perlu untuk mendirikan pusat informasi yang lebih komprehensif melalui pembangunan pusat pendidikan pemilih “RPP”.

RPP mulai berdiri pada tahun 2015 dengan pilot project di 9 Provinsi dan 18 Kab/Kota. Melalui RPP masyarakat akan difasilitasi oleh KPU untuk belajar segala sesuatu yang berkaitan dengan pemilu, salah satunya tentang sejarah pemilu, baik pemilu tingkat nasional ataupun lokal, ujar Ida lagi.

Salah satu keunggulan yang ditonjolkan oleh RPP Intanpari adalah keberadaan anjungan digital berbasis web yang menyediakan informasi tentang kepemiluan dan demokrasi. Rangkaian acara peresmian secara simbolis diakhiri dengan pemukulan gong, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. (Ich1/YNK/foto).

Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/5870/Ayo-Belajar-Kepemiluan-di-Rumah-Pintar-Pemilu-INTANPARI

Mungkin Anda Menyukai