BAWASLU SOSIALISASIKAN PEMANTAUAN PEMILIHAN UMUM

Mendekati Pemilihan Umum 2019 Bawaslu mengadakan  Sosialisasi Perbawaslu No.4  Tahun 2018 tentang Pemantauan Pemilihan Umum, Sosialisasi pemantauan  tersebut sebagai bentuk tugas pokok dari Bawaslu yang di selenggarang di Hotel Palm pada hari Senin.

Sosialisasi tersebut di buka langsung oleh Ketua Bawaslu (Muhammad Machsun) didampingi anggota bawaslu lainya. Berserta dihadiri narasumber dari KPU Bondowoso Lilik Ernawati. (19/11/2018).

“Dalam pemilu pada prinsipnya semakin banyak yang terlibat hasilnya semakin baik, namun ketika banyak bermitra dan banyak pihak yang terlibat dalam mengawasi dan memantau dalam mengawasi pemilu maka hasilnya akan berbeda” harapnya ketua bawaslu dalam sambutannya

Sosialisasi tersebut dengan harapan dari bawaslu untuk menyatukan pesepsi dan bersinergi pro aktif serta berkolaborasi dengan instansi maupun ormas dalam pemantauan agar Pemilu 2019 berjalan lebih transparan dan damai.

 Ketua Bawaslu saat menyampaikan “Kewajiban Pengawasan Pemilu; Mematuhi kode etik, Menggunakan tanda pengenal, Melaporkan jumlah personil dan kewajiban lainnya” Tegasnya. Muhammad Machsun.

Selanjutnya Lilik Ernawati (komisioner KPU) menyampaikan regulasi yang ada karena “ KPU Kabupaten/kota harus tunduk patuh terhadap regulasi yang dilahirkan oleh KPU RI, maka KPU Kabupaten/ kota tidak boleh kemudian sewenang-wenang membaut surat keputusan KPU Kabupaten/ Kota yang  diluar kewenangan diatur dalam peraturan PKPU” Pungkasnya.

Forum tersebut dibentuk sesi dalam penyampaian materi yang pertama; Ketua Bawaslu Mauhammad Machsun, Frikas Abdillah(anggota Bawaslu) terakhir Lilik Ernawati(KPU Bondowoso). Peserta yang hadir pada acara tersebut dari Panwascam Se- Kabupaten Bondowoso, KPU Bondowoso, Ormas, LSM, Organisasi Intra serta organisasi lainnya. (Muhib)

Mungkin Anda Menyukai