BEM FISIP UB KUNJUNGI RPP PUNAKAWAN KPU JATIM

Surabaya, kpujatim.go.id– Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) hari ini, Rabu, tanggal 29 Maret 2017  jam setengah 3 sore menerima visitasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (UB) Malang. Visitasi ini merupakan salah satu program kerja BEM FISIP, yang diberi nama FISIP Goes To School (FGT).

Visitasi dengan peserta 70 orang ini mendapatkan sambutan dari Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, Choirul Anam, Dewita Hayu Shinta, dan Muhammad Arbayanto. Selain itu, para Kepala Bagian di KPU Jatim dan Tim Pemandu Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan KPU Jatim ikut menyambut pula.

Kegiatan visitasi dimulai dengan seremonial sambutan, penyampaian paparan dan diskusi di aula lantai II kantor KPU Jatim. Kepala Bagian Hukum; Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Slamet Setijoadji, selaku perwakilan KPU Jatim, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan visitasi BEM FISIP Universitas Brawijaya ini. “Kami senang dan sangat mengapresiasi kegiatan visitasi ini. Karena kegiatan visitasi ini sejalan dengan program KPU dalam hal aktivasi RPP. Harapan Kami, tidak sampai di kegiatan visitasi saja, ke depan harapannya ada tindak lanjut semacam MoU kerja sama pendidikan pemilih antara KPU Jatim dengan Universitas Brawijaya,” jelas Slamet (29/03/2017).

Di sisi lain, Presiden BEM FISIP Universitas Brawijaya, Zidny Ziaulhaque saat diberi kesempatan untuk menyampaikan maksud kedatangan rombongannya, mengungkapkan bahwa kegiatan visitasi adalah bagian dari program kerja BEM. “Kegiatan visitasi ke KPU Jawa Timur kali ini merupakan salah satu program dari BEM FISIP UB, yang bernama FISIP Goes To School (FGT) I. Pada FGT I, Kami ingin mempelajari mengenai Demokrasi dan Kepemiluan. Melihat fenomena penduduk yang semakin bertambah jumlahnya, Kami ingin melihat apakah tingkat partisipasi pemilihnya semakin meningkat. Berikutnya, Kami ingin pula mengetahui tahapan pemilihan pemimpin di era demokrasi ini,” kata Zidny.

Usai kegiatan di aula, peserta kemudian melakukan visitasi ke RPP Punakawan KPU Jatim. Mengawali visitasi RPP Punakawan, peserta menonton film pendek pemenang festival film KPU RI untuk membekali pentingnya pemilu dan tata cara memilih, di ruang audio visual. Mengingat waktu kunjungan yang singkat, usai pemutaran film pendek, peserta diajak berkeliling di RPP Punakawan dengan dipandu Tim Pemandu. Pada sesi visitasi RPP ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk mempelajari sejarah kepemiluan, pentingnya pemilu dan demokrasi, tahapan pemilu, dan sebagainya.

Kegiatan visitasi BEM FISIP Universitas Brawijaya Malang ini pun selesai pada jam setengah 5 sore. Selain hadir dari BEM FISIP Universitas Brawijaya, dalam visitasi hadir pula perwakilan BEM dari Universitas Bhayangkara, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Surabaya.

(AACS)

 

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/bem-fisip-ub-kunjungi-rpp-punakawan-kpu-jatim/

Mungkin Anda Menyukai