Bimtek PPK Bondowoso; Untuk Penyusunan DPTB Dan DPK Pemilihan Umum 2019

KPU Bondowoso melaksanakan kegiatan Bimtek penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) Pemilihan Umum 2019 KPU Kabupaten Bondowoso kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  Kabupaten Bondowoso pada Kamis, (10/1).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh 23 PPK Kabupaten Bondowoso yag bertempat di Aula KPU Bondowoso, di buka oleh Hairul Anam (Ketua KPU Bondowoso) didampingin oleh Amiruddin Makruf (Divisi Perencanaan dan Data) dan Junaidi (Divisi Hukum).

Hairul Anam, Ketua KPU Bondowoso menyampaikan ”Bahwa hari ini banyak beredar isu- isu hoks, yang secara langsung- maupun tidak langsung yang menjadi sasaran KPU secara kelembagaan dari tingkat pusat, Provinsi maupun Kabupaten/ Kota. Mulai dari isu adanya DPT 71.000 data pemilih ganda awalnya yang kemudian mampu kita tepis dengan kerja- kerja nyata kita, kemudian muncul proses DPTHP-1 dan DPTHP-2, itu bagian kita sebagai penyelenggara betul- betul bekerja secara profesional” Ungkapnya.

 

23 PPK tersebut di bimtek oleh Amirudiin Makruf yang menekuni Divisi Perencanaan dan Data, ia mengatakan “DPK adalah pemilih yang tidak terdaftar di DPT dengan syarat pendukung berupa dokumen E-KTP Sedangkan DPTB adalah pemilih pindah pilih, syarat untuk menjadi pemilih DPTB adalah sudah terdaftar di DPTHP2.  Jelasnya.

23 ppk tersebut di bimtek oleh amirudiin makruf yang menekuni Divisi Perencanaan dan Data, ia mengatakan bahwaDPK adalah pemilih yang tidak terdaftar di DPT dengan syarat pendukung berupa dokumen e KTPSedangkan DPTb adalah pemilih pindah pilih, syarat untuk menjadi pemilih DPTb adalah sudah terdaftar di DPTHP2.  jelasnya.

Imbuhnya lebih lanjut Ilmi(Operator Program dan Data) mengatakan “Penyusunan DPK dan DPTb kedua telah dilakukan, bagi warga yg punya hak pilih tapi blm terdaftar di DPTHP 2 bisa dimasukkan di DPK dan bila warga yg telah terdaftar di DPTHP 2 tapi ada sesuatu hal yg tidak bisa mengguhak pilihnya ditempat dia terdaftar maka dia bisa masuk DPTb (pindah pilih) dengan menyertakan form A.5 KPU (Form A.5 kpu adalah form pindah pilih yg diterbitkan oleh PPS atau KPU setempat. (Muhib)

Mungkin Anda Menyukai