DAPIL DI KABUPATEN BONDOWOSO SUDAH MEMENUHI 7 PRINSIP

www.kpu.bondowosokab.go.id , Bondowoso – KPU Bondowoso melaksanakan Uji Publik Usulan Penataan Daerah Pemilihan  dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten dalam Pemilihan Umum yang dihadiri oleh Ketua KPU Bondowoso dan anggota, Panwaskab Bondowoso, Kapolres dan Kodim 0822 Bondowoso, Kajari Bondowoso, Asisten 1, Kabag Adm. Pemerintahan, Bakesbang Pol, Ketua Parpol 2019, Ketua NU Bondowoso, Ketua Muhammadiyah, Akademisi dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat di Hotel Palm Bondowoso sekitar pukul 10.00 WIB. (Senin.19/02)

Menurut Hairul Anam (Ketua KPU Bondowoso) menyampaikan bahwa pelaksanaan uji publik ini mengacu pada peraturan KPU No 16 Tahun 2017 terkait dengan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi dari masing-masing daerah pemilihan.

“Kami (KPU) memiliki kewenangan melakukan usulan, karena Dapil yang ada belum tentu sama dengan Dapil yang disampaikan hari ini, salah satu faktornya yaitu letak geografis dan jumlah penduduk sehingga hari ini kami lakukan uji publik”. Ujar Hairul Anam

Syaifullah (komisioner divisi teknis) selaku pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan “ Jumlah Kursi di kabupaten Bondowoso yaitu 45 kursi karena jumlah penduduk di Kabupaten Bondowoso berada diantara 500-1000 juta penduduk, dan di Bondowoso terdapat 5 Dapil sehingga perDapil mendapat 9 kursi”.

“Uji Publik pada hari ini berupa penegasan-penegasan karena dibeberapa pulau jawa ada istilah Dapil Superman dan Batman yaitu dapil yang tidak menyatu dalam satu wilayah. Tetapi kami yakin dan menegaskan bahwa Dapil di Kabupaten Bondowoso sudah memenuhi 7 Prinsip yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proposional, prinsip proposionalitas, Intergritas wilayah, berada didalam satu wilayah yang sama, kohersivitas dan kesinambungan”. Ujar Syaifullah (NS)

Mungkin Anda Menyukai