DIVISI TEKNIS KPU BONDOWOSO IKUTI RAKOR SE – JATIM

kpud-bondowosokab.go.id/-BONDOWOSO : Rapat Koordinasi dan Evaluasi KPU Se – Jawa Timur yang diikuti oleh Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara di 38 Kabupaten/Kota, di Kabupaten Lamongan, bertempat di Hotel TKBR, 10 Mei 2017. Hadir dalam kesempatam tersebut Ilham Saputra Komisioner KPU R.I. Divisi Teknis Penyelenggara yang didampingi oleh Stafnya Joyo berjalan lancar. Dijelaskan dalam Rakor Se – Jawa Timur tersebut oleh Ilham Saputra tentang mekanisme Pengganti Antar Waktu (PAW). Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, bahwa wewenang KPU dalam hal PAW hanya sebatas pada proses pergantian bukan pada pemberhentian, sesuai Undang – Undang MD3 No. 23/2015.

Dan dalam proses tersebut KPU hanya mempunyai waktu 5 (lima) hari kerja untuk melakukan proses verifikasi pada calon pengganti bukan pada calon yang diganti. Senada juga dengan apa yang disampaikan oleh Arbayanto Komisioner KPU Provinsi Jwa Timur Divisi Teknis Penyelenggara, bahwa kita KPU hanya berwenang pada proses dan verifikasi pada calon pengganti PAW, tidak pada proses pemberhentian, karena kadang – kadang wewenang kita dalam PAW. Lewat dari batas yang diundangkan, seperti Kabupaten Malang yang juga melakukan verifikasi terhadap PAW yang diganti, padahal Pergantian Antar Waktu (PAW) yang meninggal, mengundurkan diri, atau sebab diberhentikan itu adalah wewenang partai dan pemerintah.

Oleh sebab itu perlu terlebih dahulu kita melihat dan mencari tahu aturan atau mekanisme PAW yang sudah jelas mekanismenya, papar Arbayanto selaku Divisi Teknis Penyelnggara KPU Provinsi Jawa Timur. Kemudian acara Rakor diakhiri oleh penjelasan Ilham Saputra KPU R.I. Divisi Teknis Penyelenggara, dengan menyampaikan bahwa khusus Divisi Teknis harus lebih hati – hati melakukan PAW karena salah sedikit akan berakibat fatal bagi KPU, dan KPU R.I. hari ini masih akan melakukan evaluasi terkait dengan Pilkada dan akan melakukan revisi terhadap beberapa PKPU yang kurang singkron dengan teknis pelaksanaan PAW. (Saifullah)

Mungkin Anda Menyukai