Dukung Kelancaran Pilkada Serentak, KPU Bondowoso Ikuti Bimtek Pengadaan

www.kpud-bondowosokab.go.id ,Bondowoso – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso mengikutsertakan Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pengadaan dalam Bimbingan Teknis/Pemantapan Pengadaan Barang Jasa Pilkada 2018 yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur di Aula KPU Provinsi Jawa Timur, Rabu (30/8). Dalam bimtek tersebut, KPU RI mendorong agar satuan kerja KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota memprioritaskan pengumuman rencana pengadaan melalui aplikasi SIRUP.

Dalam bimtek tersebut, KPU Bondowoso mengirimkan Pejabat Pengadaan Antok Joko Susanto dan Pejabat Pembuat Komitmen Toidin. “Materi Bimtek memberikan penyegaran pengetahuan dalam proses pengadaan barang/jasa termasuk mengingatkan hal-hal yang perlu dilakukan dalam rangka persiapan pengadaan barang/jasa Pilkada Serentak,” kata Antok dalam laporan lisannya kepada Sekretaris KPU Kabupaten Bondowoso Joko Wahyudi seusai pelaksanaan Bimtek.

Dalam Bimtek Pengadaan Barang/Jasa tersebut, KPU RI memberikan paparan tata cara pengumuman pengadaan barang/jasa melalui aplikasi SIRUP diselingi dengan tanya jawab. Setelah itu, Bimtek diisi dengan simulasi pengumuman lelang melalui aplikasi layanan pengadaan secara elektronik via lpse.kpu.go.id.

KPU RI mendorong KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk mengumumkan rencana pengadaan dalam Pilkada Serentak Tahun 2018 dalam aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) agar proses pengadaan barang/jasa lebih lancar. Selain itu, dengan mengumumkan rencana pengadaan tersebut, masyarakat dapat mengetahui rencana-rencana pengadaan yang akan dilaksanakan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Kalau belum bisa diumumkan semua, prioritaskan meng-input rencana pengadaan yang akan dilelang di aplikasi SIRUP,” kata Fandu Dwiadma dalam Bimtek/ Pemantapan Pengadaan Barang/jasa Kebutuhan Logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 bagi PPK dan Pejabat Pengadaan se-KPU Provinsi Jawa Timur di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Rabu (30/8).

Fandu menuturkan, input data rencana pengadaan dalam aplikasi SIRUP sangat penting untuk mendukung kelancaran Pilkada Serentak 2018. Sebab, sebagian pengadaan logistik keperluan Pilkada Serentak menggunakan aplikasi lelang elektronik (e-tendering) yang datanya terkoneksi dengan data SIRUP. Agar proses lelang secara elektronik lancar, diperlukan kode paket yang diperoleh ketika paket lelang sudah diumumkan melalui aplikasi SIRUP. (idi/ant)

Mungkin Anda Menyukai