EVALUASI INSTRUMEN PENGELOLAAN DATA DAN DOKUMEN TAHAPAN TEKNIS PILKADA

BONDOWOSO : KPU Kabupaten Bondowoso melaksanakan kegiatan Pengembangan Instrumen Pengelolaan Data dan Dokumen Tahapan Teknis Pilkada, Kamis 15 Desember 2016 bertempat di Aula KPU Kabupaten Bondowoso. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, hadir pada acara dimaksud Ketua KPU dan Anggota KPU Kabupaten Bondowoso, Sekretaris KPU Kabupaten Bondowoso, Kasubbag. Teknis dan Hupmas, Kasubbag. Program dan Data, Kasubbag. Hukum, Kasubbag. Umum, 2 (dua) orang Staf operator aplikasi Situng dan Silon Sekretariat KPU Kabupaten Bondowoso serta turut di undang satker Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso yaitu Dispendukcapil dan Bakesbangpol.

Acara dibuka oleh Sekretaris KPU Kabupaten Bondowoso (Joko Wahyudi, SE) selaku moderator, Ketua KPU Kabupaten Bondowoso (Hairul Anam, S.Pd) membuka dimulainya kegiatan Pengembangan Instrumen Pegelolaan Data dan Dokumen Tahapan Teknis Pilkada tersebut, dan pada sesi acara pokok kegiatan dimaksud di pandu oleh Divisi Teknis Penyelenggara (Saifullah, S.Ag).

Hairul Anam, S.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini menginformasikan dan untuk diketahui oleh peserta kegiatan tersebut bahwa KPU R.I sampai saat ini ada banyak aplikasi yang dikembangkan untuk menunjang penyampaian informasi tentang Pemilu, Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik itu pada saat ada pelaksanaan Pemilu maupun pada saat tidak ada pelaksanaan Pemilu. Pemaparan materi diawali oleh Ketua KPU Kabupaten Bondowoso yang juga menjabat sebagai Divisi Perencanaan dan Data menyampaikan tentang Daftar Pemilih, dan data-data lainnya sesuai tahapan pemilu, pemilihan kepada daerah dan wakil kepala daerah. Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu (Saifullah,S.Ag) selain memaparkan tentang teknis kepemiluan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penguatan internal dan menginformasikan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh KPU kepada mitra kerja dan untuk tahap awal ini hanya mengundang Dispendukcapil dan Bakesbangpol karena kaitannya dengan daftar pemilih dengan parpol. Divisi SDM dan Parmas (Lilik Ernawati, S.Pi) menyampaikan singkronisasi program sasialisasi dan pendidikan pemilih dengan Bakebangpol. Divisi Keuangan dan Logistik (Amiruddin Makhruf, S.Sos) menyampaikan tentang aplikasi sistim informasi logistik (SILOG) pemilu dan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Divisi Hukum (Junaidi, SH) menyapaikan materi tentang jaringan dokumen dan informasi hukum (JDIH) yang memuat Undang-Undang, Peraturan KPU, Surat Keputusan KPU, dan lain-lain yang terkait dengan pemilu baik itu pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden, pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dari pemaparan materi yang disampaikan oleh masing-masing divisi tersebut peserta rapat diberi waktu untuk memberikan tanggapan dan masukan guna kebaikan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Bondowoso tahun 2018 mendatang. Diakhir acara sebelum ditutup oleh Sekretaris KPU Kabupaten Bondowoso (Joko Wahyudi, SE) selaku moderator menggaris bawahi kegiatan ini merupakan langkah kita dalam mempersiapkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso tahun 2018 lebih baik dari pemilihan sebelumnya, berjalan lancar dan sukses. Selain itu juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dipendukcapil dan Bakesbangpol Kabupaten Bondowoso yang telah hadir memenuhi undangan dalam kegiatan ini, demikian kata Joko Wahyudi,SE, (JSN)

Mungkin Anda Menyukai