FAKULTAS HUKUM UNIBO KUNJUNGI KPU KAB. BONDOWOSO

BONDOWOSO, kpud-bondowosokab.go.id : Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso memberikan kuliah lapangan kepada mahasiswa Universitas Bondowoso (UNIBO) Fakultas Hukum, Kamis 18 Mei 2017, pukul 15.00 WIB sampai dengan 17.30 WIB. Berdasar surat yang masuk dari UNIBO tertanggal 17 Mei 2017, nomor : 045/Q/FH-UNIB/V/2017, perihal : Permohonan Kuliah Lapangan, Dekan Fakultas Hukum (Lilik Puja Rahayu, S.H., M.Si.), Dosen Pengampu Mata Kuliah (HA. Abrori, S.H., M.H), dan mahasiswa sebanyak 40 orang disambut dan diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso yaitu Divisi Hukum (Junaidi, S.H), Divisi Teknis Penyelenggara (Saifullah, S.Ag), Divisi Logistik, Keuangan dan Kerumahtanggaan (Amiruddin Makhruf, S.Sos), serta Sekretaris KPU Kabupaten Bondowoso dan Jajarannya.

Acara kuliah lapangan dimaksud bertempat di Aula KPU Kabupaten Bondowoso, yang diawali sambutan dari Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso yaitu Divisi Teknis Penyelenggara mewakili Ketua KPU Kabupaten Bondowoso yang tidak dapat hadir karena ada tugas ke luar kota mengahadiri undangan KPU Kabupaten Banyuwangi. Kata pengantar dari KPU Kabupaten Bondowoso yang disampaikan oleh Saifullah mengucapkan selamat datang dan terima kasih telah berkunjung ke Kantor KPU Kabupaten Bondowoso sekaligus mempercayakan kepada komisioner untuk memberikan materi kuliah lapangan kepada mahasiswa Fakultas Hukum guna menambah pengetahuan tentang peran parpol dalam pemilu terutama dalam menyongsong Pilkada serentak Tahun 2018.

Selanjutnya prakata dari Universitas Bondowoso yang disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Hukum (Lilik Puja Rahayu, S.H., M.Si) mengucapakan terima kasih yang setinggi tingginya kepada KPU Kabupaten Bondowoso yang telah menerima kami dan meluangkan waktunya untuk memberikan materi kuliah lapangan kepada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bondowoso.

Acara berikutnya yaitu penyampaian materi kuliah lapangan oleh Divisi Hukum (Junaidi, S.H) tentang Pendidikan Politik, Pilkada serentak Tahun 2018, dalam pemaparannya Junaidi juga menjelaskan perbedaan pilkada 2013 dengan pilkada serentak 2018, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada acara sesi tanya jawab, Yadi Hartono mahasiswa Unibo Fakultas Hukum menanyakan bahwa masih banyak ditemui dilapangan petugas atau penyelenggara di tingkat ppk/kecamatan, ppsdesa dan tps/kpps, tidak netral dan independen dalam melaksanakan tugasnya, bagaimana KPU dalam menyikapi dan cara menangani hal tersebut. Pertanyaan kedua dari Yadi yaitu mengenai batas waktu penurunan alat peraga kampanye berupa spanduk, benner dan lainnya, hal ini dilapangan masih banyak ditemui kegiatan ini sering dilakukan oleh panwaslu dan mendahului jadwal batas penurunannya. Pertanyaan ketiga Yadi menanyakan tentang DPT yang masih diketemukan bahwa pemilih yang sudah meninggal masih muncul dan terdaftar di DPT, bagaimana KPU dalam menangani kasus seperti itu. Dari ketiga pertanyaan yang dilontarkan oleh Yadi, dijawab oleh masing – masing komisioner sesuai dengan bidang divisi secara lugas dan detil sehingga sipenanya saudara Yadi mengerti dan memahami. Setelah Komisioner memberikan kuliah lapangan rencana mahasiswa akan dibawa mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) “SINGO ULUNG”, yang dimiliki oleh KPU Kabupaten Bondowoso, namun terjadi pemadaman listrik dari pihak PLN maka tidak bisa untuk melihat panel data-data yang ada didalam RPP tersebut. Selanjutnya dilakukan foto bersama komisioner KPU Kabupaten Bondowoso dengan Dekan, Dosen, dan mahasiswa Universitas Bondowoso Fakultas Hukum. (Jun/Sf/Am/Jsn/Teknis Hupmas)

Mungkin Anda Menyukai