KENAPA SETELAH MENCOBLOS KITA PERLU MENCELUPKAN SATU JARI KE TINTA?

www.kpud-bondowosokab.go.id , Bondowoso – Sabtu (07/04/2018) Relawan demokrasi KPU Bondowoso segmentasi pemilih pemula kembali melaksanakan sosialisasi yang dihadiri oleh beberapa Mahasiswa di Kabupaten Bondowoso (UNIBO, STAI AT TAQWA, AKOM) bertempat di Aula MA Al Anwar Bondowoso sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan yang bukan pertama kalinya dilaksanakan oleh Relasi ini bertujuan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 melalui kegiatan sosialisasi di berbagai tempat di Kabupaten Bondowoso.

Lilik Ernawati (Komisioner divisi SDM dan Parmas) selalu hadir mendampingi teman-teman Relasi dan sekaligus memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada peserta terkait dengan pelaksanan Pemilu di Kabupaten Bondowoso.

Selanjutnya, Sony Luki yang juga hadir dalam kegiatan ini memberikan pemahaman terkait dengan teknis pencoblosan mulai dari membawa C6 dan E-KTP sampai dengan menculup jari ke tinta.

Antusiasme peserta sangat baik dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari beberapa peserta mewakili Universitas masing-masing, sehingga kegiatan sosialisasi semakin hidup.

Yang menjadi hal unik yaitu salah satu peserta menanyakan, “kenapa setelah mencoblos kita harus mencelupkan satu  jari ke tinta?.”

Lebih lanjut Sony Luki yang merupakan PPK Kecamatan Bondowoso menjelaskan bahwa mencelupkan jari ke tinta merupakan peraturan yang diatur dalam PKPU No. 8 tahun 2018 tentang pemungutan suara dan salah satu tujuannya sebagai bukti telah melakukan pencoblosan dan meminimalisir kecurangan masyarakat untuk mencoblos ganda.

“karena beberapa tahun yang lalu pernah terjadi kecurangan, satu jari tangan tidak dicelupkan ke tinta sehingga ada inisiatif untuk mencoblos lagi karena belum ada bukti tinta di jarinya. Dan yang lebih parah lagi yaitu menggunakan lapisan yang menyerupai warna kulit, sehingga setelah mencoblos dia celupkan jari ketinta kemudian dia buka alat tersebut, selang beberapa jam mencoblos lagi dengan alasan yang sama yaitu belum ada bukti tinta di jarinya.” terangnya (NS)

Mungkin Anda Menyukai