Kepala Dispendukcapil Bondowoso Simulasi Daftar Pemilih Online

www.kpud-bondowosokab.go.id, BONDOWOSO–Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Bondowoso melakukan simulasi aplikasi daftar pemilih online untuk mengecek kesiapan KPU Bondowoso dalam melakukan pemutakhiran daftar pemilih dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 2018. Simulasi dilakukan dengan mengetikkan NIK dalam aplikasi daftar pemilih online di laman https://data.kpu.go.id/.

 “Saya tadinya mimpi KPU punya aplikasi seperti itu, sekarang ternyata sudah jadi kenyataan. Ini sudah bagus. Lebih bagus lagi kalau ada fotonya,” kata Kepala Dispenduk Bondowoso Abdul Mutholib dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan di Aula KPU Kabupaten Bondowoso, Jumat (12/5).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Kepala Dispendukcapil Bondowoso Abdul Mutholib dan  seluruh jajaran komisioner KPU Bondowoso beserta pejabat kesekretariatan.

Rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih merupakan implementasi nota kesepahaman antara KPU Bondowoso dengan Dispendukcapil Bondowoso pada 19 Januari 2017 Nomor  : 001/KB/KPU-Kab-014.329693/2017 dan Nomor : 470/03/430.10.3/2017 guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih dalam penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD dan DPRD, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Menurut Mutholib, dengan ketersediaan data pemilih secara online , masyarakat tidak akan berani bermain-main dengan data KPU karena data pemilih dapat dicek secara langsung.

Agar daftar pemilih KPU tersebut lebih sempurna,  menurut Abdul Mutholib, Dispenduk telah  membentuk tim khusus untuk melayani kepentingan KPU dalam pemutakhiran data pemilih. Tim tersebut bertugas datang ke lokasi warga yang tidak memiliki NIK bila ada laporan warga yang tidak ber-KTP elektronik dalam pemutakhiran data pemilih. “Kami akan men-support terus agar data yang dimiliki oleh KPU semakin akurat,” tegasnya.

Dia memaparkan, Dispenduk Bondowoso akan mendukung kegiatan pemutakhiran daftar pemilih karena tiga alasan, yaitu KPU Bondowoso dianggap telah menunjukkan kinerja baik dengan dengan sepenuh hati untuk melayani masyarakat, Pemilu adalah kepentingan bersama, serta mendukung pemutakhiran pemilih merupakan salah satu tugas Dispenduk.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Bondowoso Hairul Anam mengatakan, KPU Bondowoso berterima kasih terhadap apresiasi Dispenduk Bondowoso. Untuk itu, KPU Bondowoso akan terus memutakhiran daftar pemilih agar data sudah siap menjelang tahapan Pilkada 2018. KPU Bondowoso juga mengapresiasi kinerja Dispenduk Bondowoso yang mampu melakukan perekaman data KTP Elektronik. “Data penduduk Bondowoso termasuk baik karena ada kabupaten yang perekaman KTP Elektroniknya masih kurang lebih dari  10%,” ungkapnya.

Sebagai bentuk kerjasama dengan Dispenduk Bondowoso, kata Anam, KPU Bondowoso juga ikut menyosialisasikan pentingnya perekaman perekaman e-KTP dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KPU Bondowoso. Sosialisasi tersebut perlu dilakukan karena keberhasilan pemutakhiran  daftar pemilih salah satunya tergantung dengan tuntasnya perekaman KTP Elektronik. “Apa yang dilakukan Dispenduk akan berpengaruh terhadap daftar pemilih yang disusun KPU,” ucapnya.  (idi/kar/jw/a6).

Mungkin Anda Menyukai