KOMISIONER DIVISI TEKNIS HADIRI DIALOG INTERAKTIF RADIO MAHARDIKA

www.kpud-bondowosokab.go.id ,Bondowoso – 78 hari menuju Pemilukada Kabupaten Bondowoso tahun 2018, Radio Mahardika Kabupaten Bondowoso mengundang KPU Bondowoso untuk membahas terkait dengan persiapan-persiapan yang sedang dilaksanakan KPU yang bertempat di Kantor Radio Mahardika sekitar pukul 10.00 WIB. (09/04)

Komisioner divisi Teknis (Saifullah) yang hadir dalam dialog interaktif ini menyampaikan bahwa banyak hal yang dibahas selama proses siaran, diantaranya proses yang sedang dilaksanakan KPU yaitu pemutakhiran data pemilih.

“Kami sampaikan proses sesuai dengan tahapan regulasi yang sedang dilaksanakan KPU yaitu pemutakhiran DPS yang dilanjutkan dengan mempersiapkan rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), mulai rekap di tingkat PPS, PPK sampai kabupaten. Berdasarkan PKPU No. 2 Tahun 2018, 10 April 2018 merupakan rekap tingkat PPS, 11-12 April rekap tingkat PPK dan dalam waktu bersamaan akan naik pada tingkat Kabupaten, dan pada tangga 13-19 April akan dilaksanakan rekap DPSHP ditingkat kabupaten untuk menjadi daftar pemilih tetap (DPT)”. Ujarnya

Selanjutnya kepada seluruh pendengar Radio Mahardika, Saifullah juga menginformasikan bahwa dalam Pilkada tahun 2018 akan mendapatkan 2 surat suara yaitu Pilgub dan Pilgub.

Terdapat beberapa pertanyaan yang muncul dari para pendengar, Bagaimana jika ada pemilih ketika hari pencoblosan ada tugas diluar kota?

“Kemudian kami menjelaskan bahwa ketika ada tugas diluar kota pada hari pencoblosan, maka otomatis untuk pemilihan Bupati dianggap gugur, namun untuk pemilihan Gubernur masih bisa dilaksanakan pencoblosan dengan menggunakan form A5 selama tugasnya berada di lingkup Jawa Timur”. Jelas Saifullah

Lebih lanjut Saifullah menyampaikan, untuk mendapatkan form A5 maka H-1 sebelum pencoblosan yang bersangkutan bisa meminta kepada PPS, atau H-3 meminta pada KPU Kbupaten Bondowoso. Kemudian form A5 bisa digunakan untuk mencoblos dikabupaten manapun selama dalam provinsi Jawa Timur, sedangkan surat C6 akan ditarik oleh PPS.(NS)

Mungkin Anda Menyukai