Konsolidasi Sistem Informasi Pencalonan

www.kpud-bondowosokab.go.id – Bondowoso – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bondowoso bersama anggota Partai Politik melakukan Rapat Konsolidasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang juga dihadiri oleh Dandim 0822 Bondowoso dan Kapolres Bondowoso di Aula kantor KPU Kabupaten Bondowoso, selasa (26/12/2017) pukul  19.00 WIB.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bondowoso menyampaikan, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum  No 1 Tahun 2017 tentang Tahapan  Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur/Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota bahwa pada Januari 2018 masuk pada tahapan pendaftaran pasangan calon yang diusung oleh partai politik.

“Maka pada malam hari ini kita akan mengenalkan aplikasi tentang system informasi pencalonan”, kata Hairul Anam sekaligus membuka rapat konsolidasi tersebut.

Dalam rapat konsolidasi tersebut disampaikan tentang tahapan  pendaftaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso Tahun 2018 yang diusung oleh Partai Politik yang akan berlangsung pada tanggal 8-10 Januari 2018 mendatang.

Selain itu, Syaifullah, S.Ag menyampaikan bahwa, pada saat proses pendaftaran pasangan calon, parpol pendukung atau yang mengusung pasangan calon juga harus ikut hadir pada saat proses pendaftaran, sebagai bukti bahwa parpol yang bersangkutan benar-benar mendukung pasangan calon tersebut. Dalam pemaparannya tersebut,  Syaifullah menegaskan kepada tim pengusung atau parpol pengusung bahwa pada tangga 8-10 Januari 2018 harus sudah melengkapi persyaratan syarat calon yang nantinya akan dilakukan penelitian dan akan diumumkan hasil penelitian pada tanggal 17-18 Januari 2018.

Pada tanggal 12 Februari 2018, KPU Kabupaten Bondowoso akan menetapkan pasangan calon dan tanggal 13 Februari 2018 akan dilakukan pengundian nomer urut pasangan calon.

“apabila sudah ditetapkan pasangan calon, partai pendukung tidak boleh menarik dukungannya dari pasangan calon, apabila itu terjadi setelah ditetapkan pasangan calon oleh KPU Kabupaten Bondowoso, maka KPU Kabupaten Bondowoso akan tetap menganggap partai pendukung tersebut tetap sebagai pendukung pasangan calon tersebut”, tegas Syaifullah,  S.Ag selaku Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Bondowoso. (andi).

Mungkin Anda Menyukai