KPU Bondowoso : 7,5% dukungan Perseorangan

Bondowoso- www.kpud-bondowosokab.go.id., KPU Bondowoso kembali melakukan kajian yang dikemas dengan ngaji bareng II. Kajian yang dilakukan terhadap PKPU No 09 Tahun 2016 tentang pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Ngaji bareng II tersebut dilaksanakan diaula KPU Kabupaten Bondowoso pada senin 13 februari 2017 jam 12.00 sampai selesai. Kegiatan itu diikuti oleh ketua, anggota KPU, sekretaris, kasubag dan staf KPU Kabupaten Bondowoso.
Hal yang menarik untuk dikaji adalah tentang syarat dukungan calon perseorangan.

Sebagaimana diungkapkan oleh Ahmad Fauzan, kasubag hukum,  “ berdasarkan pasal 10 (1) persyaratan pencalonan berupa jumlah dukungan bagi calon  Perseorangan calon perseorangan untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati atau wali kota dan wakil walikota, sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 ayat (1) c. Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat dalam daftar dalam pemilih tetap pada pemilu atau pemilihan terakhir lebih dari 500.000 (lima ratus ribu) sampai dengan 1.000.000 (satu juta) jiwa harus  didukung paling sedikit 7.5% (tujuh setengah persen)”.

Jadi berdasarkan pasal tersebut, kabupaten Bondowoso pada pemilu terakhir yaitu pemilu presiden dan wakil presiden pada tahun 2014 memiliki Daftar Pemilih Tetap sejumlah 598.727. Sehingga syarat dukungan calon perseorangan nantinya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 harus memiliki syarat dukungan adalah 7.5 x598.727: 44.904 (empat puluh empat ribu sembilan ratus empat ) jiwa dukungan.
Lanjut Fauzan, dari jumlah syarat dukungan diatas harus tersebar dilebih dari 50% (lima puluh persen) jumlah kecamatan dikabupaten /kota yang bersangkutan. Sebagaimana dijelaskan pada pasal 10 ayat 2 “ jumlah dukungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus tersebar di lebih dari 50 % (lima puluh persen) jumlah kabupaten/kota diprovinsi yang bersangkutan.(HA6)

Mungkin Anda Menyukai