KPU Bondowoso Ajak Pelajar SMK Negeri 1 Klabang Kenali Pilkada

http://kpud-bondowosokab.go.id, BONDOWOSO –KPU Kabupaten Bondowoso mengajak pelajar SMK Negeri 1 Klabang mengenali proses penyelenggaraan Pemilihan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan melaksanakan sosialisasi Pilkada 2018. Dalam sosialisasi tersebut, KPU Bondowoso menjelaskan detil proses pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan media film yang diproduksi oleh KPU RI.

“Mudah-mudahan pelajar dapat mengetahui proses pelaksanaan Pilkada secara detail sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar serta menjadi agen sosialisasi dalam penyelenggaraan Pemilu serta Pilkada. Prinsipnya, gunakan hak pilih ketika ada Pilkada maupun Pemilu dan beritahu teman-teman yang lain untuk menggunakan hak pilihnya,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bondowoso Saifullah dalam agenda Sosialisasi Pilkada 2018 di SMK Negeri Klabang,  Selasa (11/4).

Sosialisasi Pilkada 2018 tersebut diikuti 54 orang siswa-siswi kelas 11 SMK Klabang dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Sepeda Motor, dan Akuntansi. Sosialisasi Pilkada 2018 merupakan kelanjutan kegiatan Pendidikan Pemilih yang digagas KPU Kabupaten Bondowoso dengan menyasar kalangan pelajar serta pemilih pemula lainnya.

Dalam sosialisasi yang dikemas dengan metode ceramah dan pemutaran film tersebut, Saifullah dimulai dengan memaparkan konsep-konsep dasar serta istilah-istilah yang sering dipakai dalam penyelenggaraan Pemilu seperti demokrasi, Pemilu serta berbagai akronim seperti Pileg (Pemilihan Legislatif), Pilpres (Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden), Pilgub (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur) dan Pilbup (Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati).  Setelah itu, materi dilanjutkan dengan mengenalkan penyelenggaran Pemilu, pentingnya partisipasi, cara berpartisipasi dalam Pemilu dan Pilkada. Selanjutnya, sosialisasi diisi dengan  menonton film tentang tata cara menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara yang dibuat oleh KPU RI.

“Kalau tidak ada perubahan, Pilkada Serentak Tahun 2018 dilaksanakan pada Juni, sedangkan Pileg dan Pilpres dilaksanaan bersamaan pada 2019,” ungkapnya.

Salah seorang peserta sosialisasi Desi Puspitasari menuturkan, sosialisasi penyelenggaraan Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 bermanfaat karena dapat mengetahui proses penyelenggaraan Pemilu secara detail. Selain itu, kegiatan KPU Bondowoso tersebut dapat membekali siswa untuk memberikan informasi tentang hak warga negara dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.

“Kalau ada tetangga saya yang tidak terdaftar, saya bisa mengingatkan untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih kepada Panitia Pemungutan Suara di desa,” ungkap Desi yang juga Ketua OSIS SMK Klabang itu.

Kepala SMK Klabang Malik, M.Pd menambahkan, kegiatan sosialisasi Pilkada 2018 dapat menambah pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran di sekolah terutama pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Selain itu, sosialisasi tersebut dapat membekali siswa dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Dari 54 peserta sosialisasi, sebanyak 52 orang berumur 17 tahun, 1 orang berusia 16 tahun dan 1 orang berumur 15 tahun.

“Suatu waktu, siswa siswi akan menggunakan hak pilihnya. Silahkan bertanya bila tidak tahu karena ini akan menjadi bekal suatu hari nanti,” ucap Malik yang didampingi Pembina OSIS Bambang Risdiyanto Darmawan pada saat membuka acara sosialisasi.

Sosialisasi Pilkada 2018 merupakan rangkaian kegiatan pendidikan pemilih pemula yang digagas oleh KPU Bondowoso sebagai tindaklanjut dari instruksi KPU RI melalui surat KPU Nomor 525/KPU/IX/2016 tanggal 21 September 2016. Dalam surat tersebut, KPU memerintahkan KPU Provinsi/Kabupaten/Kota untuk melakukan pendidikan pemilih secara intensif, masif dan berkesinambungan ke berbagai kelompok masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan forum atau kegiatan yang dilakukan masyarakat, ormas dan instansi pemerintah. Dengan pendidikan pemilih, diharapkan partisipasi pemilih di Bondowoso dapat meningkat sesuai dengan target partisipasi nasional sebesar 77,5%. (idi/kar/jw/sf)

Mungkin Anda Menyukai