KPU BONDOWOSO CERMATI DATA PEMILIH GANDA

 Bondowoso,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso melakukan rapat koordinasi pencermatan daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan umum 2019 di aula Kpu Kabupaten Bondowoso, Senin (10/09/2018) malam.

Kegiatan ini  merupakan  tindak lanjut dari Surat Edaran (SE)  KPU RI  No.1033/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018 tentang penyempurnaan DPT. Dengan melakukan rapar bersama-sama

Pada kesempatan tersebut  hadir Ketua KPU  Kabupaten Bondowoso  Khairul Anam., S.Pd.,  dan 4 anggota komisioner,  Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Dispenduk capil dan perwakilan partai politik peserta pemilu 2019.

Untuk Kegandaan data diistilahkan dengan  KI (NKK, NIK, Nama, JK, Tmpt Lahir, Tgl Lahir, Status Kawin,  Alamat dan Difabel), K2 (NIK, Nama, JK, Tmpt Lahir, Tgl Lahir dan Alamat), K3 (NIK, Nama, JK, Tmpt Lahir, Tgl Lahir), K4 (NIK, Nama, dan Tgl Lahir) dan perbaikan elemen data yaitu terdiri dari NIK, NKK, Nama, JK, Tmpt Lahir, Tgl Lahir dan Alamat.

Ketua Kpu dalam sambutannya mengatakan, bahwa Dalam acara tersebut,  ada dua hal yang didiskusikan.  Yaitu,  Pencermatan penggandaan dan perbaikan  elemen data yang mana peran dari Dispenduk juga sangat membantu dalam daftar pemilih selaku yang memiliki wilayah administrasi kependudukan.

“kita juga mengundang dispenduk capil selaku yang memiliki wilayah pengadministrasian kependudukan, sehingga semisal ada kendala-kendala tekhnis yang kaitannya dengan cek data kependudukan kita sangat mengharap bantuan dari dispenduk capil,” ungkapnya.

Hasil dari rapat kordinasi yang dilakukan bersama 3 parlemen itu akan segera menindak lanjuti indikasi-indikasi data ganda, baik rekomendasi dari Partai Politik maupun dari Bawaslu yang akan dilakukan pembersihan bersama. Dengan membuat kesepakatan antara Kpu, panwas dan parpol dalam dilakukannya  penandatanganan  keputusan rapat pencermatan tersebut. Selanjutnya akan dilaksanakan pleno DPT hasil Pencermatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 september 2018 mendatang, Imbuhnya.

“Harapan adanya rapat tersebut yaitu, kita sebagai lembaga penyelenggara pemilu sangat membuka lebar kritik dan saran dalam penyempurnaan daftar pemilih tetap yang merupakan ruh dalam dalam penyelenggaraan pemilu. kalau Dpt kita masih jauh dari kesempurnaan, maka akan berpengaruh sama kualitas penyelenggara pemilu,”.

Abdul Wahid, salah satu perwakilan Parpol dari PKB berharap, dengan adanya kegiatan tersebut semua parpol peserta pemilu 2019 bisa tahu data ganda dari pemilih.

”Harapan saya KPU segera memperbaiki hal tersebut,” tandasnya. (Ana)

Mungkin Anda Menyukai