KPU Bondowoso Hadiri Rapat Teknis Pendanaan Pilkada Serentak 2018

www.kpud-bondowosokab.go.id. Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso menghadiri  rapat teknis pendanaan pilkada serentak tahun 2018. Acara ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah pada tanggal 29 mei 2017 bertempat di Golden Boutique Hotel Jalan Angkasa No. 1 Gunung Sahari Selatan Kemayoran Jakarta Pusat. Peserta undangan meliputi, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, perwakilan dari Gubernur Jateng, Gubernur Jatim, Gubernur Bali, Gubernur Kalbar dan Gubernur Kaltim, Bupati/Walikota, DPRD, KPU Provinsi dan Bawaslu Provinsi  jatim, bali, kalbar dan kaltim, KPU kab/ Kota se-Provinsi  Jatim, Bali, Kalbar dan Kaltim yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2018. Kegiatan rapat teknis pendanaan pilkada serentak ini merupakan gelombang ke 3 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Hairul Anam ketua komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, saat dikonfirmasi lewat telp selulernya, mengungkapkan bahwa dirinya hadir atas nama Kpu Bondowoso, sebagaimana undangan dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Nomor: T.005/1862/keuda Tanggal 03 Mei 2017.

Acara rapat teknis pendanaan pilkada serentak tahun 2018penting dalam rangka membangun komitment serta menjamin kepastian ketersediaan anggaran dan guna menjamin efektifitas penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018. Sehingga antara pihak yang berkepentingan ada satu persepsi dalam proses penganggaran pilkada tahun 2018.

Pilkada serentak tahun 2018 adalah pilkada gelombang ke 3 yang yang akan dilaksanakan di  171 daerah, meliputi 17 provinsi, 115 Kab dan 39 Kota, sebagaimana penyediaan anggaran tidak pilkada tidak sedikit sehingga ada beberapa daerah mencanangkan dana cadangan. Pelaksanaan pilkada serentak 2018 anggarannya didukung dari APBD.

Lanjut, Anam. Bahwasanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso sudah melakukan langkah-langkah dalam rangka menyiapkan pelaksanakaan pilkada. Terkhusus tentang Anggaran Pilkada di Kpu Kabupaten bondowoso sudah merencanakan kebutuhan keuangan pilkada sebesar 40.684.887.000. Anggaran ini sudah selesai dibahas bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), sehingga selanjutnya menunggu persetujuan dari DRPD, yang hingga kini masih dalam proses pembahasan diDPRD. (Kar/A6).

Mungkin Anda Menyukai