KPU Bondowoso Sosialisasikan Hasil Pemutakhiran Pemilih Berkelanjutan

www.kpud-bondowosokab.go.id, Bondowoso–KPU Kabupaten Bondowoso mensosialisasikan hasil pemutakhiran pemilih berkelanjutan tahun 2017 kepada pemangku kepentingan (stake holders). Jumlah pemilih hasil pemutakhiran berkelanjutan sebanyak 598.895 orang yang terdiri dari 288.059 pemilih laki-laki dan 310.836 perempuan.

“KPU Kabupaten Bondowoso perlu menyampaikan hasil pemutakhiran pemilih berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan agar kegiatan ini dapat lebih baik lagi,” kata Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Hairul Anam dalam acara Sosialisasi Layanan Pemutakhiran Berkelanjutan Tahun 2017 di aula KPU Bondowoso, Rabu (13/9).

Dalam melaksanakan pemutakhiran pemilih berkelanjutan tersebut, kata dia, KPU Kabupaten Bondowoso melakukan dengan dua metode, yaitu dengan berkoordinasi dengan instansi pemerintah seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sebagai sumber utama pemutakhiran data. Selain itu, KPU Bondowoso berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso, Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bondowoso serta instansi lain untuk mendapatkan data lainnya.

Metode yang lain, KPU Kabupaten Bondowoso menyebarkan formulir tanggapan dan masukan masyarakat untuk diisi oleh masyarakat dan dikirimkan kepada KPU Kabupaten Bondowoso. Cara ini dilakukan bersamaan ketika KPU Kabupaten Bondowoso melaksanakan pendidikan pemilih pemula. “Kami juga sosialisasi Pemutakhiran Pemilih melalui radio, spanduk, dan berita,” ungkapnya.

Dalam agenda sosialisasi pemutakhiran pemilih berkelanjutan, Anam menyatakan dari 12 partai yang diundang sebanyak 8 partai hadir dalam acara itu, serta Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Kepala Seksi Pemerintahan di 23 Kecamatan se Kabupaten Bondowoso.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan berdasarkan surat KPU RI Nomor: 176/KPU/IV/2016 tanggal 6 April 2016 tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di antaranya adalah memproses data, pemeliharaan DPT Pemilihan/Pemilu sebelumnya, memproses Daftar Pemilih yang mendaftar pada hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilihan/Pemilu sebelumnya (DPKTb PPWP 2014).

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memperoleh data yang akurat, pemutakhiran daftar pemilih, komprehensif, inklusif, terciptanya daftar pemilih yang berkualitas, memelihara data secara continue dan terkoordinasinya data dengan dinas terkait”, pungkasnya. (idi/andi)

Mungkin Anda Menyukai