KPU BONDOWOSO SOSIALISASIKAN ‘SIDAKAM”

Bondowoso, Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bondowoso melaksanakan Sosialisasi  SIDAKAM ( Aplikasi Dana Kampanye)   di Aula KPU  Bondowoso (13/9).

Sosialisasi SIDAKAM  yang  di ikuti oleh seluruh Operator dan Tenaga Penghubung/ L.O  (Liaison Officer) Partai Politik Peserta Pemilu 2019 dan Bawaslu Kabupaten Bondowoso sebagai pengenalan Laporan dana Kampanye Partai Politik Peserta Pemilu 2019 sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 29  Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 24  Tahun 2018 Tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum.

Saifullah, Devisi Tekhnis  mewakili Ketua KPU Bondowoso  membuka acara sosialisasi tersebut menyampaikan harapan dalam sambutannya agar  acara sosiliasasi tersebut  diikuti secara maksimal sehingga Parpol tidak kesulitan menyusun  laporan dana kampanyenya.

Pada kesempatan tersebut,  Junaidi (Devisi Hukum)  selaku Ketua Pokja Laporan Dana Kampnye menyampaikan apresiasi kepada peserta sosialisasi,

 “saya sangat mengapresiasi kepada bapak ibu yang telah hadir pada kesempatan kali ini, karna memang kegiatan untuk hari ini cukup padat yang dilaksanakan oleh KPU bondowoso tentunya tidak mengurangi semangat untuk tetap mengikuti acara demi acara. “

Dalam paparan materinya Komisioner yang akrab dipanggil “Cak Jun”  menjelaskan bahwa “Kewajiban Partai Politik peserta pemilu 2019 ada 3 (Tiga) yaitu,  LADK (Laporan awal dana kampanye), LPSDK (Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye)  dan  LPPDK (Laporan Pembukuan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) ,”.

Dengan Sosialisasi ini Partai Politik  dapat mengenal  secara utuh aplikasi SIDAKAM yang harus sudah dilaksanakan sesudah penetapan DCT ( Daftar Caleg Tetap) (20/9).

“Setiap partai politik harus memberikan informasi terhadap laporan awal dana kampanye baik Soft copy maupun hard copy Pak jun Dalam penjelasannya

Tahapan-tahapan laporan terdiri dari 3 tahap yaitu,  tahap awal LADK pada tanggal 23 September, Penyampaian LPSDK pada tanggal 2 januari. Tahap ke 2  Pada pembukuan LPPDK dilakukan setelah pencoblosan  17 april 2019 pada tanggal 25 April 2019. Selanjutnya di lakukan Audit oleh KPU Bondowoso yang tergabung dalam (KAP) Konsultan Akuntan Publik yang di sosialisasikan di tingkat kabupaten/Kota.

Mungkin Anda Menyukai