KPU Catat 1,2 Juta Pemilih Pemula

Jakarta – Sekitar 1,2 juta pemilih pemula masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan KPU di 101 daerah peserta Pilkada 2017. Dengan potensi yang cukup besar, semua pihak yang terlibat dalam Pilkada diharapkan bisa memberdayakan kelompok tersebut.

Peneliti Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi ( Perludem ), Fadli Ramadhanil mengungkapkan selain signifikan dari jumlah angka, pemilih pemula memiliki kemampuan untuk mengambil peran lain. Sebagai Kelompok yang  pertama  memilih, semangatnya untuk terlibat dalam dunia politik relatif tinggi. ” mereka  bisa ambil peran agar publik berpartisiapasi, atau memberi pengaruh kampanye positif yang memberikan edukasi ”  ujarnya kemarin kepada Jawa Pos kemarin(21/12).

Karena itu, dia meminta KPU maupun pasangan calon menjadikan pemilih pemula sebagai salah satu segmentasi dalam sosialisasi pilkada. Tidak hanya partisipatif yang diharapkan, diharapkan juga terbangun fondasi pendidikan pemilih yang baik pada masa mendatang.

Pasalnya, dengan akses informasi yang relatif lebih banyak, pemilih pemula juga rentan terjebak dengan blok politik  yang tendensius. ” Makanya, sosialisasi positif harus digencarkan oelh semua pihak , terutama dari filter informasi”

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansah mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan KPU Daerah mengkhususkan sosialisasi bagi pemilih pemula. ” di daerah tempat pilkada, dilakukan sosialisasi yang intens,” Ujarnya.

Berbeda dengan sosialisasi pemilih pada umumnya, sosialisasi kepada pemilih pemula dilakukan dengan pendekatan  yang menyesuaikan. Mulai berdiskusi, kegiatan pentas musik hingga lomba cerdas cermat . ” KPU juga terjun ke sekolah-sekolah, misalnya sebagai pembina upacara  ( Memberi materi kepemiluan)” tuturnya.

Ditanya soal partispasi angka pemilih pada  Pilkada sebelumnya, Ferry mengaku belum mempunyai data pasti. Namun berdasarkan laporan yang masuk, antusiasme pemilih pemula dalam pemilu relatif semarak. Itu sejalan dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Untuk itu, pada hajat Pilkada 2017 mendatang, Ferry juga meminta pemilih pemula proaktif, tidak hanya saat pemungutan, tetapi juga dalam tahapan lainnya. ” Kami harap pemilih pemula aktif dalam setiap momen pilkada”  pungkasnya. (far/c17/fat)

Sumber berita : Jawa Pos, Kamis 22 Desember 2016 -halaman 2 -Kolom Politik .

Mungkin Anda Menyukai