KPU Gelar Pengundian Verifikasi Faktual dan Keanggotaan

Bondowoso – Komisi Pemilihan umum ( KPU ) Bondowoso menggelar sosialisasi serta pengundian verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik untuk Pemilihan Umum 2019, Rabu ( 20/12/2017) .

Komisi Pemilihan Umum Bondowoso mengundang partai politik calon peserta pemilu 2019 yang telah di nyatakan lolos Seleksi Administrasi. Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)  mendapat kesempatan yang sama untuk  diundi dan dilakukan verifikasi faktual. Nomor yang didapatkan dari hasil undian tersebut, akan menentukan interval dalam pecuplikan anggota partai politik yang akan diverifikasi.

Junaidi, S.H , Divisi Hukum KPU Bondowoso Mengatakan bahwa nomor yang di dapat tersebut akan digunakan untuk sample acak di dalam SIPOL dan berlaku untuk kelipatan

“  Apabila nanti diundi dan mendapatkan nomor 2 sebagai contoh. Maka seterusnya dengan kelipatan 2,4,dst”, Sanggahnya.

Setelah pengundian dilakukan, Partai Perindo mendapat angka 10 dan PSI mendapat angka 1. Nomor undian yang didapatkan tersebut akan digunakan untuk mengambil sample acak di dalam SIPOL.

Di sela sosialisasi ketika ditanya untukpelaksanaan verifikasi, Junaidi mengatakan bahwa akan di adakan rapat pleno kembali untuk menentukan tanggal verifikasi faktual.

“ Sesegera mungkin akan kami lakukan rapat pleno untuk menentukan kapan verifikasi akan segera di lakukan,tapi saya masih belum bisa menentukannya sekarang.Nanti  yang akan turun langsung itu adalah ferivikator, kami kirimi surat terlebih dahulu kepada DPC atau DPD “  imbuhnya.

Informasi yang di dapat, partai politik yang diyatakan lolos seleksi administrasi berjumlah 12 partai politik pada Pemilu yang akan di gelar pada 2019.

Mungkin Anda Menyukai