KPU KABUPATEN/ KOTA HARUS RAPATKAN KEMBALI RAB DI SATKERNYA

Surabaya, kpujatim.go.id– Usai pelaksanaan rapat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 kemarin, hari Kamis (23/03), Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) meminta KPU Kabupaten/ Kota untuk merapatkan kembali hasil rapat bersama provinsi, di satuan kerjanya masing-masing. Demikian yang disampaikan oleh Divisi Umum; Keuangan dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta.

Divisi Umum; Keuangan dan Logistik KPU Jatim mengungkapkan bahwa pada rapat tersebut, masing-masing RAB KPU kabupaten/ kota dibahas satu per satu. “Ditanya beberapa hal yang memerlukan penjelasan, dikoreksi mana yang kurang tepat. Lalu kabupaten/ kota diberi kesempatan untuk bertanya dan berkonsultasi,” jelas Shinta.

Shinta menyampaikan pula, selain melakukan review dan sesi konsultasi, KPU Jatim terus menekankan kepada kabupaten/ kota agar mengelola anggaran pilkada dengan transparan, akuntabel dan tidak boleh duplikasi. “Terakhir, masing-masing kabupaten/ kota Saya minta merapatkan kembali hasil rapat RAB di satuan kerjanya. Serta membaca kembali dan mengikuti perkembangan Peraturan KPU terkait dengan tahapan pilkada,” ujar Divisi Umum; Keuangan dan Logistik KPU Jatim ini.

Rapat RAB kemarin (23/03), merupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi tanggal 9 Maret 2017 lalu dengan 18 KPU kabupaten/ kota yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018. Setelah dilakukan review RAB pada tanggal 9 Maret 2017, KPU kabupaten/ kota memiliki persoalan yang berbeda-beda. Sehingga, diperlukan waktu konsultasi khusus untuk sinkronisasi anggaran Pilgub dan Pilbup/ Pilwali secara bertahap. Dengan demikian rapat RAB kemarin hanya 7 KPU kabupaten/ kota, yakni Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Bangkalan. “Berikutnya, minggu depan akan dijadwalkan sesi konsultasi secara bertahap dengan KPU kabupaten/ kota yang lain,” tutur Shinta.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/kpu-kabupaten-kota-harus-rapatkan-kembali-rab-di-satkernya/

Mungkin Anda Menyukai