Melalui Relawan Demokrasi, KPU Edukasi Pemilih

www.kpu.bondowosokab.go.id ,BONDOWOSO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso terus berupaya untuk mensosialisasikan tentang pendidikan pemilu ke seluruh pemilih. Ini dilakukan untuk mencapai terget partisipasi pemilih 77,5 persen.

Di kota tapai ini sedikitnya telah dipilah menjadi 11 segmentasi sasaran sosialisasi, diantaranya, segmen pemilih pemula, berkebutuhan khusus, perempuan, keluarga, keagamaan, pemuda, disabilitas, marginal, warga net, komunitas, serta reldem. 

Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Senin (12/2), mengatakan, pihaknya telah membentuk relawan demokrasi untuk membantu KPU dalam rangka memberikan pendidikan pemilu.

“Di setiap kecamatan itu ada Relawan Demokrasi, dengan jumlah 25 orang di seluruh Bondowoso. Jadi semua segmen akan kita sasar,” jelasnya.

Selain itu, melalui petugas P2DP yang melakukan coklit, juga diharuskan untuk menyampaikan akan pentingnya sadar pemilu setiap mendatangi rumah warga.

Salah seorang Relawan Demokrasi di Dapil 3, Ahmad Roi, menjelaskan, bahwa dirinya bersama relawan demokrasi di tim 3 telah menemui sejumlah elemen masyarakat untuk memberikan kesadaran akan pentingnya memberikan hak suaranya pada 27 Juni 2018.

“Untuk segmentasi pemilih pemula, kita reldem turun langsung ke sekolah-sekolah SMA dan SMK bahkan Ponpes. Kemarin kita ke MA Al Ma’arif. Terus ke penyandang disabilitas juga kita datangi satu persatu kemarin di daerah Pujer,” ujarnya.

Ia mengaku tim dapil 3 masih akan terus memberikan pendidikan pemilu kepada masayakat hingga menjelang pesta demokrasi 27 Juni 2018.

“Kalau kendala sih nggak ada, karena kita koordinasi terus menerus dengan tim PPK dan PPS di lokasi,” jelasnya.(Relasi)

Mungkin Anda Menyukai