MK Pastikan Penyelesaian Sengketa Pilkada 2017 Berjalan Sesuai Peraturan

Jakarta, kpu.go.id – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2017 telah memasuki babak terakhir, yakni sidang penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi.
 
Memahami betapa krusialnya tahapan tersebut, Ketua MK yang juga merupakan Hakim Konstitusi, Arief Hidayat menjamin bahwa proses sidang penyelesaian PHP akan berjalan sesuai koridor hukum. Hal itu ditegaskan oleh Arief kala membuka sidang perdana penyelesaian PHP, di gedung MK, Jakarta, Kamis (16/3).
 
Untuk memastikan proses penyelesaian sengketa berada di jalan yang lurus, Arief mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan penyadapan intensif baik kepada seluruh Hakim Konstitusi, maupun seluruh pegawai MK.
 
“Waktu saya berdialog dengan teman-teman KPK, saya mohon untuk bisa disadap dengan sebaik-baiknya. Semua disadap oleh KPK, baik para hakim maupun seluruh pegawai di MK. Ini untuk menjaga bahwa tidak ada yang dapat mempengaruhi di luar hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan, baik dalam perspektif apapun,” tegas Arief.
 
Selain berpegang pada peraturan perundang-undangan, Arief juga meyakinkan publik bahwa para pegawai dan hakim konstitusi tidak akan bisa dipengaruhi oleh model ataupun pihak-pihak manapun.
 
“Tidak ada hakim, tidak ada pegawai di Mahkamah Konstitusi yang bisa dihubungi dengan model dan cara apapun. Agar ini diketahui publik seluruhnya. Ini untuk menjaga, bahwa kita mencoba untuk benar-benar menegakkan hukum, demokrasi sesuai dengan apa yang dianut di dalam konstitusi dan peraturan perundangan Republik Indonesia,” terang Arief.
 
Oleh karena itu ia meminta semua pihak untuk menjaga agar proses penyelesaian PHP di MK dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.
 
“Untuk itu mari kita jaga bersama bahwa seluruh proses perkara perselisihan pilkada serentak di tahun 2017 yang sampai diselesaikan di mahkamah ini bisa selesai sesuai dengan peraturan perundangan,” lanjut Arief. (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/5818/MK-Pastikan-Penyelesaian-Sengketa-Pilkada-2017-Berjalan-Sesuai-Peraturan/berita-terkini

Mungkin Anda Menyukai