MoU KPU dan KIP, Komitmen Demokrasi Berkualitas

Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Komisi Informasi Pusat (KIP) terkait Keterbukaan Informasi Publik, Selasa (29/11). Kerjasama kedua lembaga tersebut dilakukan untuk memastikan komitmen pesta demokrasi di Indonesia akan semakin berkualitas.

Komitmen penyelenggaraan pemilu dan pemilihan oleh KPU dilaksanakan berdasarkan prinsip keterbukaan, dan keterbukaan informasi kepada publik adalah amanat Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro dan Ketua KIP John Fresly di hadapan perwakilan dari 34 KPU Provinsi seluruh Indonesia yang membidangi kehumasan di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI.

John Fresly pada kesempatan tersebut menekankan pentingnya peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang melekat pada fungsi kehumasan di sekretariat KPU seluruh Indonesia. Apabila menjalankan fungsi kehumasan dengan prinsip keterbukaan, maka penyelenggaraan pemilu dapat dijalankan dengan lebih baik.

“Komitmen KPU melaksanakan prinsip-prinsip keterbukaan tercermin seperti pada Pemilu 2014, KPU membuka formulir C1 yang dapat diakses oleh publik. Itu bentuk komitmen penyelenggara yang mandiri dan independen, sehingga KPU dapat menyelenggarakan pemilu yang luber dan jurdil,” tutur John Fresly.

KIP juga akan mendukung upaya-upaya KPU untuk membuat pemilu menjadi transparan dan berintegritas, tambah John Fresly. Salahsatunya melalui kerjasama dalam hal keterbukaan informasi publik ini.

Sementara itu Ketua KPU RI Juri Ardiantoro berharap kerjasama dengan KIP ini dapat ditindaklanjuti dalam implementasi di seluruh daerah. Terutama bagi KPU Provinsi, karena Komisi Informasi telah ada di 34 provinsi seluruh Indonesia, maka KPU Provinsi diharapkan juga bisa bekerjasama dengan KI Provinsi.

“Strategi untuk mempromosikan transparansi tersebut, tidak hanya oleh KPU, tetapi juga disupport lembaga lain. KIP sudah bermitra dengan KPU untuk memperkuat organisasi KPU dari sisi keterbukaan informasi. Kemarin KPU memperoleh peringkat dua oleh KIP, dan mudah-mudahan kali ini kita bisa menjadi lembaga terbuka nomor satu,” tegas Juri. (Arf/red. FOTO KPU/Arf/Hupmas)

Sumber Berita : http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2016/5493/MoU-KPU-dan-KIP-Komitmen-Demokrasi-Berkualitas

Mungkin Anda Menyukai