Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD

Bondowoso – Bertepatan di Hari yang sama setelah setelah rapat Konsolidasi PILKADA 2019. Selasa, 19 Desember 2017 KPU Bondowoso Mengumpulkan seluruh Ketua PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ) dan Ketua Partai Politik  se – Bondowoso, di Aula Hotel Palm.

Acara ini bertujuan untuk Penyusunan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD  juga simulasi penghitungan alokasi kursi Pemilu 2019. Di hadiri juga oleh Saifullah S.Ag Selaku  Divisi Tekhnis KPU bondowoso, yang juga memaparkan ada beberapa perbedaan antara substansi PKPU Penataan Dapil dan Alokasi Kursi dimana pada PKPU 2013, jika Jumlah Penduduk lebih dari satu juta memperoleh 50 kursi, maka pada Draft PKPU saai ini jumlah penduduk satu hingga tiga juta jiwa, memperoleh 50 kursi. Sedangkan penduduk lebih dari tiga juta akan memperoleh 55 kursi.

Pada kesempatan yang sama Saifullah mengatakan ada beberapa Prinsip Penataan Dapil dan Alokasi Kursi yang harus di lakukan. Di antaranya Kesetaraan Suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsional, Integritas Wilayah, Coterminus, Kohesivitas, dan Kesinambungan.

Sedangkan di Kabupaten Bondowoso, saat ini terdapat 5 DAPIL yakni Bondowoso 1 ( DAPIL Satu )  meliputi Kec. Bondowoso, Kec. Tenggarang, Kec. Wonosari. DAPIL 2 , Kec. Tapen , Kec. Klabang, Kec. Botolinggo, Ec. Prajekan dan Kec Cerme. DAPIL 3 di antaranya, Kec. Pujer, Kec. Tlogosari, Kec. Sukosari, Kec. Sumber Wringin dan Kec, Sempol. DAPIL 3 Terdiri dari Kec. Maeasan, Tamanan, Grujugan dan Jambesari D.S. Sedangkan Bondowoso 5 ( DAPIL 5 ) Terdiri dari Kec. Wringin , Pakem, Binakal,  Curahdami, Tegal Ampel dan  Kec. Taman Krocok dengan Total Jumlah Penduduk 781.753 jiwa dan 45 Kursi.

Mungkin Anda Menyukai