PPP, Nasdem dan Berkarya : MS

www.kpud.bondowosokab.go.id , Bondowoso – Tim 4 KPU Bondowoso yang dipimpin oleh Syaifullah (Komisioner divisi teknis) bersama sekretariat KPU lainnya melaksanakan verifikasi faktual terhadap 3 partai politik diantaranya Partai Nasdem, PPP dan Berkarya yang dimulai sejak tanggal 30 – 01 Februari 2018 sekitar pukul 08.00 WIB di masing-masing kantor DPC partai politik. (Kamis.01/02)

Verifikasi faktual partai politik yang semula hanya berlaku untuk partai baru, namun dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), seluruh partai politik baik yang lama ataupun baru harus diverifikasi faktual.

Menurut Syaifullah, terkait dengan verifikasi PPP dan Partai Nasdem sesuai dengan aturan keduanya telah memenuhi syarat. Kedua partai politik menghadirkan kepengurusan dan keanggotaan partai. Untuk PPP dan Partai Nasdem dari segi kepengurusan yang meliputi ketua, sekretaris dan bendahara turut hadir dalam pelaksanaan verifikasi. Dan untuk keanggotaan partai, keduanya mampu menghadirkan anggota melebihi jumlah sample yang ditetapkan, dimana yang seharusnya PPP menghadirkan 51 anggota dan Partai Nasdem 42 anggota. Sedangkan untuk keberadaan kantor, keduanya telah menunjukkan surat domisili dari kelurahan/desa.

“Berbeda dengan Partai Berkarya sebagai partai baru, dari awal kami selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Partai Berkarya sampai hari ini melakukan verifikasi faktual pada tahap perbaikan saja, perbaikan dilakukan untuk memverifikasi kepengurusan, keanggotaan sebanyak 21 sample anggota dan domisili kantor berdasarkan surat keterangan dari kelurahan/desa sudah kami cek semuanya”. Ujar Syaifullah

Syaifullah juga menambahkan, bahwa ketiga partai tersebut (PPP, Partai Nasdem dan Berkarya) dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). (Nisa)

Mungkin Anda Menyukai