Sekda Bondowoso Beri Arahan Penyusunan Anggaran Pilbup Tahun 2018

www.kpud-bondowosokab.go.id – BONDOWOSO – Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso Drs. H. Hidayat M.Si memberikan arahan agar  penyusunan anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bondowoso Tahun 2018 sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Selain itu, penyusunannya perlu disinkronisasikan dengan pemerintah daerah agar terdapat pemahaman yang sama tentang penyelenggaraan Pilbup 2018. “Kadang sesuatu yang benar menurut kita, dalam pandangan hukum ternyata ada masalah,”katanya dalam rapat pembahasan anggaran Pilbup 2018 antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Dalam rapat tersebut, disepakati anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso Tahun 2018 sebesar Rp 40,6 miliar. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan meminta persetujuan anggaran tersebut kepada DPRD Kabupaten Bondowoso.

“KPU dengan Pemda adalah satu sistem. Pilkada akan berjalan dengan baik kalau sistem yang satu dengan yang lain saling mengisi,” kata Sekretaris Daerah Bondowoso Hidayat dalam  Rapat Pembahasan Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso Tahun 2018 di kantor KPU Kabupaten Bondowoso, Senin (13/3).

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Bondowoso selaku Ketua TAPD didampingi jajaran pimpinan Pemkab Bondowoso, yaitu Asisten I Agung Tri Handono, M.Si,  Inspektur Pemkab Bondowoso Ir. Wahyudi Triatmadji,M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Dra. Farida,M.Si, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman : Ir. Mudjianto, MM,  Ketua Bappeda Ir. Matsakur, MSi, Kepala Badan Pendapatan Daerah Drs. Wiratmo Mulyanto, S.Pd,M.Si, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Drs. Karna Suswandi, MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Wawan Setiawan, SH,MH, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Keuangan Taufan Restuanto, S.Pd.,M.Si, dan Kabag  Umum dan Protokol, Ghozal Rawan.SSTP

Sekretaris Daerah Bondowoso Hidayat, M.Si memaparkan kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah juga harus diikuti dengan kesuksesan administrasinya, sehingga perlu pembahasan bersama tentang kebutuhan KPU Kabupaten Bondowoso dalam penyelenggaraan Pilkada serta disinkronisasikan dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Di antaranya, penyusunan anggaran harus sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku, sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun setelahnya. “Sukses Pilkada dan administrasinya sukses,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Hairul Anam memaparkan, KPU Kabupaten Bondowoso telah mulai menyosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso kepada pelajar SMA dan SMK, pemilih perempuan, serta pemangku kepentingan yang lain. Dengan demikian, penyelenggaraan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso diharapkan sesuai dengan target partisipasi yang ditetapkan oleh KPU RI.

“Apa yang menjadi kegiatan KPU dalam pelaksanaan Pilkada 2018 perlu didukung dalam proses perencanaan anggaran saat ini,” kata Hairul Anam yang didampingi seluruh anggota KPU Kabupaten Bondowoso serta jajaran pimpinan dan staf Sekretariat KPU Bondowoso.

Hairul Anam menuturkan, penyusunan anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bondowoso Tahun 2018 sudah dimulai sejak akhir 2015. KPU Bondowoso kemudian merevisi anggaran Pilbup tersebut sesuai dengan pembaruan peraturan tentang Pilkada.

Moderator Rapat Pembahasan Anggaran Pilbup Bondowoso Tahun 2018 Junaidi menambahkan, KPU Kabupaten Bondowoso telah melakukan revisi usulan Rencana Kebutuh Biaya (RKB) Pilbup Bondowoso Tahun 2018 sesuai dengan masukan dari TAPD. Selain itu, KPU Bondowoso menyesuaikan anggaran penyelenggaraan Pilbup sesuai dengan  perubahan peraturan-peraturan penyelenggaraan Pilkada Serentak. (idi/kar/ha)

Mungkin Anda Menyukai